Kamis, 09 Desember 2010

Gladiol

GLADIOL
Apa yangmenatrik dari gladiol sehingga dibutuhkan untuk pesta pernikahan? Di samping ukuran bunga yang relatif besar, sekitar 6-14 cm, gladiol juga kaya warna, dari merah darah, merah muda, oranye, putih, kuning, dan sebagainya.


Bunga Gladiol
Bunga Gladiol

Jenis gladiol yang kini sedang nge-tren adalah gladiol Dayang Sumbi. Ciri-cirinya warna bunga merah cerah, dengan tepi bunga sedikit keriting. Letak bunga pada tangkai tegak, sementara jumlah bunga per tangkai adalah 13 kuntum. Tangkai bunga berwarna hijau, sedangkan warna daun hijau tua, dengan jumlah daun 6 helai.
Tanaman gladiol berbunga pada umur 12-14 minggu sejak tanam. Ketepatan panen ditandai dengan 1 atau 2 floret (kuntum bunga) terbawah yang terlihat jelas tapi belum mekar. Waktu panen pagi hari. Cara panen, gunakan pisau tajam untuk memotong pangkal tangkai bunga dengan menyertakan 2 atau 3 daun.
Yang perlu diketahui, bunga gladiol mudah layu dan rusak. Maka, perlu dilakukan pengawetan. Caranya, siapkan 5 persen larutan sukrosa, 300 ppm hidroquinon, dan 300 ppm asam sitrat. Rendam pangkal tangkai bunga selama sekitar 6 jam. Cara lain, rendam tangkai bunga gladiol ke dalam 0,5 mm larutan perak tiosulfat selama 10 menit, dan kemudian rendam dalam 20 persen larutan sukrosa selama 24 jam. Setelah diawetkan, kemas dalam bungkus kantong polietilen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar